Sabtu, 03 Januari 2015

Pengertian Sederhana mengenai 4G LTE



4G LTE adalah istilah dari bahasa Inggris yaitu Fourth-Generation Technology atau dalam bahasa Indonesia adalah Generasi Keempat. Istilah itu umumnya digunakan untuk mengacu kepada standar Generasi keempat dari teknologi Smartphone. 4G merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan ultra untuk berbagai perlengkapan elektrik (Elektroink), seperti halnya smartphone dan laptop yang menggunakan modem USB.

Terdapat 2 pengikut standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX dan standar Long Term Evolution (LTE).

Di Indonesia, WiMAX pertama kali diluncurkan padah tahun 2010 diluncurkan oleh PT. FirstMedia. Kemudian teknologi LTE pertama kali diluncurkan  diindonesia pada tahun 2013 bertepatan pada tanggal 14 november oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE.

Sejarah Perkembangan teknologi nirkabel
•             Generasi pertama: hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan yang rendah dan suara sebagai objek utama.
•             Generasi kedua: dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan tetapi tidak serendah generatsi pertama. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT.
•             Generasi ketiga: digital, mampu mengirim data dengan kecepatan yang tinggi dan aplikasi multimedia, untuk broadband. Contoh: W-CDMA.

Secara sederhana bisa diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog / yang menggunakan perangkat seluler. Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan teknologi ISDN (Integrated Services Digital Network) .

5 komentar: